Senin, 04 April 2011

jaringan epitel



Jaringan epitel tersusun oleh sel-sel berisi dan bersudut banyak (poligonal) yang berhimpit padat, dengan sedikit atau tanpa substansi interseluler diantaranya. Epitel dapat berupa membran dan dapat pula berupa kelenjer.                                                                            Membran dibentuk oleh lembaran sel-sel dan meliputi suatu permukaan luar atau embatasi suatu permukaan dalam.
semua epitel terletak pada atau dikelilingi oleh suatu lamina basal yang memisahkan epitel dari jaringan ikat dibawahnya, dan dari pembuluh darah serta saraf yang terdapat didalam jaringan ikat itu.                                                                                                                                     Secara fungsional, epitel meliputi atau membatasi permukaan, menghasilkan sekret dari epitel membran maupun dari kelenjar, dan turut sert dalam proses absorpsi.


EPITEL SELAPIS
EPITEL SELAPIS GEPENG
Epitel selapis gepeng terdiri atas sel-sel yang sangat gepeng dan tipis yang tepinya tidak teratur, saling berhimpitan membentuk suatu lembaran yang sempurna.diliht dari permukaannya, epitel ini tampak sebagai lantai ubin, tetapi dengan batas-batas yang tidak teratur. Pada potongan melintang, sitoplasma sel-sel tersebut terihat tipis, yang meleba ditempat inti. Berdasarkan susunanya yangtermasuk epitel golongan ini adalah endotel yang melapisi pembuluh darah dan pembuluh limf dan mesotel yang melapisi rongga serosa (pleura, perikardium, dan peritoneum) yang berasal dari mesoderm. Contoh lainya terdapat pada lapisan parietal kapsula Bowman, dan ansa henle pada ginjal, pada alveol paru dan pada telinga tengah dan telinga dalam.





EPITEL SELAPIS KUBOID
Epitel ini disebut demikian karena pada potongan tegak lurus terhadap permukaan, setiap sel tampak seperti kotak atau kubus. Dilihat dari permukannya, sel-sel nya berbentuk poligonal. Epitel jenis ini terdapat pada banyak kelenjer, baik pada bagian sekretori maupun padansaluran keluarnya, dan sebagi contoh, epitel ini terdapat melapisi permukaan ovarium.


EPITEL SELAPIS SILINDRIS
Epitel selapis silindris tanpa silia, bila dilihat dari permukaannya, tampak sama dengan epitel selapis kuboid, tetapi pada potongan tegak lurus tampak terdiri dari sel-sel tinggi, inti berderet pada ketinggian yang sama dan terletak lebih dekat kepermukaan basal dari pada kepermukaan apikal (luminal). Epitel ini biasanya berhubungan dengan sekresi atau absorbsi, jadi terdapat melapisi sebagian besar salauran cerna dan saluran keluar banyak kelenjar. Pada tempa-tempat itu mugkin terdapat lebih dari satu macam sel, misalnya tersebar diantara sel-sel silindris sering terdapat sel panghasil lendir yang berbentuk mirip piala yang disebut sel Goblet. Tiap sel goblet dianggap sebagai kelenjar uniseluler. Epitel jenis ini melapisi uterus dan pembuluh rahim (tuba uterina), duktus eferen pada testis, bronkus kecil intrapulmoner, dan kanalis sentralis pada medula spinalis.


EPITEL BERTINGKAT
Epitel bertingkat silindris disusun oleh lebih dari satu macam sel, dengan inti terletak pada ketinggian berbeda pada potongan tegak lurus, sehingga memberi sehingga memberi kesan bahwa membran itu sendiri atas lebih dari satu lapis sel-sel. Sebagian puncaknya tidak mencapai lumen, walaupun semua sel terletak diatas membran basal. Epitel jenis ini terdapat melapisi saluran keluar besar berbagai kelenjar dan sebagian uretra laki-laki. Epitel jenis ini ada yang bersilia dan biasanya memiliki sel goblet, dan terdapat melapisi saluran napas yang besar dan beberapa saluran keluar sistim reproduksi pria.



EPITEL BERLAPIS
Semua epitel berlapis lebih kuat menahan trauma jika dibandingkan dengan jenis selapis, dan karenanya terdapat pada tempat-tempat yang sering terkena gesekan dan goresan, tetapi karena tebalnya, membran ini tidak diperuntukkan bagi absorbsi yang baik.

EPITEL BERLAPIS GEPENG
Epitel berlapis gepenng merupakan membrane yang tebal, dan hanya sel-sel yang lebih superficial saja yang lebih gepeng. Sel-sel lapisan yang lebih dalam mempunyai bentuk kuboid sampai silindris, dan sering kali lapisan basal, yaitu berbatasan dengan membrane basal, terlihat tidak rata. Epitel yang terdapat pada kornea mata terletak diatas jaringan ikat dengan perkuaan licin dan teratur, sedangkan ditempat lain jaringan ikat dibawahnya membentuk lipatan dan lekukan, yang pada potongan tegak lurus terlihat sebagai tonjolan-tonjolan (papil-papil) mirip jari. Susunan semacam ini misalnya terdapat pada vagina, esophagus dan kulit. Pada vagina dan esophagus, permukaan epitel ini basah, dan disini epitel itu tidak mempunyai lapisan tanduk, pada kulit yang permukaannya kering, sel-sel permukaannya mengalami transformasi menjadi lapisan mati yang kuat dan awet terdiri atas bahan yang disebut keratin. Itulah sebabnya epitel ini disebut epitel berlapis gepeng dengan lapisan tanduk.

EPITEL BERLAPIS KUBOID
Epitel ini hanya terdapat pada saluran keluar kelenjar keringat pada orang dewasa dan terdiri atas dua sel kuboid. Karena epitel jenis ini melapisi sebuah tabung, jelas bahwa sel-sel lapisan permukaan lebih kecil dari pada yang terdapat dilapisan basal.


EPITEL BERLAPIS SILINDRIS
Epitel ini relative jarang. Biasanya lapisan atau lapisan-lapisan terdiri atas sel-sel polyhedral yang tak teratur, relative pendek, dan hanya sel-sel lapisan permukaan yang berbentuk silindris tinggi. Epitel jenis ii melapisi sebagian uretra pria dan juga terdapat pada beberapa saluran keluar kelenjar yang lebih besar dan pada konyungtiva.
2-1b-2

EPITEL TRANSISIONAL
Epitel transisional melapisi sistim urinaria mulai dari pelvis renis sampai pada uretra, yaitu tempat-tempat yang mengalami tekanan dari dalam dan berkapasitas yang sangat bervariasi. Oleh sebab itu bentuknya bergantung pada derajat peregangan. Lapisan basal terdiri atas sel-sel kuboid atau bahkan silindris, lapisan tengah kuboid dan polihendral, dan lapisan-lapisan superficial bervariasi dari kuboid sampai gepeng, tergantung derajat peregangan

Gbr 3. Epitel transisional dari kandung kemih anjing.
2-1b-3
A : kandung kemih kosong


2-1b-4
B : kandung kemih berisi urine


SISTEM ENDOKRIN
Sistim endokrin terdiri terutama dari kelenjer-kelenjer tanpa saluran keluar sekretnya (hormone) dicurahkan langsung kedalam sirkulasi darah atau limf. Kelenjar endikrin merupakan suatu kelompok sel yang mempunyai susunan mikroskopik yang sangat sederhana, kelompok ini terdiri dari deretan sel (cords), lmpengan atau gumpalan sel disokong oleh jaringan ikat yang halus. Kelenjar jenis ini banyak mengandung pembuluh kapiler bertingkat atau sinusoid.
Setiap kelenjar endikrin mensekresikan satu atau lebih substansi khusus yang disebut hormone. Hormone dilepaskan dari sel kelenjar endokrin kedalam sirkulasi darah dan limf dan kemudian didistribusikan kecairan jaringan keseluruh tubuh.

HIPOFISIS

KELENJAR TIROID
Kelenjar tiroid yang terletak didaerah anterior leher, terdiri atas dua labus lateralis yang dihubungkan oleh bagian sempit yaitu ismus. Ismus terletek dimuka tulang rawan trakea ke 2 sampai ke 4, dan labus lateralnya terletak berhubungan dengan bagian superior trakea dan dengan  bagian inferior laring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar